Headlines News :
Home » , , » Alumni Cipinang: ALA Siap Merdeka, LSM Kobra Berang, Mahasiswa: Biarkan Saja

Alumni Cipinang: ALA Siap Merdeka, LSM Kobra Berang, Mahasiswa: Biarkan Saja

Written By Raja Pasee on Minggu, 28 Juli 2013 | 04.51




Aceh Utara | acehtraffic.com – Pernyataan Ketua Dewan Pertimbangan Pemekaran Provinsi (KP3ALA) Pusat, Armen Desky tentang prediksi pemekaran Provinsi Aceh Lauser Antara (ALA) bakal terwujut sebelum Pemilu 2014 nanti, mengecohkan sebagian orang hingga angkat bicara.

Prediksi yang disampaikan Alumni Cipinang itu diutarakan dalam acara buka puasa bersama Pemuda Pancasila (PP) di Banda Aceh, Minggu, 21 Juli 2013, lalu.

Dia mengatakan surat persetujuan untuk pemekaran ALA sudah berada di meja sekretaris negara. "Kita do'akan saja, kalau tidak halangan apapun pemekaran provinsi ALA bakal terwujud," katanya seperti yang dilansir Rakyat Aceh.

Menurut mantan Bupati Aceh Tenggara yang terjerat kasus korupsi dana APBD tahun 2004-2006 senilai Rp 26,9 miliar itu, memperkirakan Presiden akan menandatangani Provinsi ALA terlebih dahulu, “sebab dilihat dari segala persyaratan justru daerah tengah dan tenggara ini yang sudah siap” Kata dia.

Sedangkan untuk Provinsi ABAS, katanya sudah juga menyiapkan segala administrasi dan syarat kelengkapan lain. Namun masih ada yang harus dipersiapkan kembali dan butuh waktu dalam beberapa langkah lagi.

Namun, kata Armen, soal ABAS tetap kita dukung juga, sehingga yang namanya sama-sama berjuang tentu harus saling memberikan dorongan, sehingga bisa terwujud.

“Kalau nantinya, ALA lebih duluan, maka ABAS akan kita ajak untuk bergabung saja. Yang penting mekar dulu. Soal penentuan ibukota provinsi, diharapkan tim pusat nantinya yang akan menentukan di kabupaten mana yang cocok,” jelasnya lagi.
Menurut Armen, sudah cocok di Aceh ini punya tiga Provinsi dengan satu Wali Nanggroe, ini dimaksudkan salah satunya untuk menarik agar dana pusat bisa lebih banyak diberikan ke daerah ujung Sumatera ini.

Kemudian, dengan pemekaran dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Aceh. Dimana, sekarang ini, justru angka pengangguran masih banyak karena ketiadaan produksi apapun di 23 kabupaten/kota.

Kemudian, dengan pemekaran ini, tambah Armen, maka nantinya bisa saling bergantian sehingga semua masyarakat Aceh punya peluang menjadi Wali Nanggroe.

Namun pernyataan tersebut ditolak mentah tanpa ditimbang oleh Sekjen Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Bersama Rakyat Aceh (Kobra), Amri Usman. Rabu 24 Juli 2013.

Menurutnya pernyataan tersebut merupakan bagian dari misi memecah-belahkan masyarakat Aceh, dan tentunya hal tersebut merupakan provokasi murahan dan menyesatkan.

"Itu adalah provokasi!, diminta jangan terus mencari perbedaan, cobalah cari kesamaan untuk membangun Aceh kedepan yang lebih baik, bukan musti terpecah belah," harap Sekjen Kobra, Amri Usman.

Menurut dia, upaya pemekaran Provinsi Aceh untuk menjadi beberapa Provinsi bukanlah suatu ide yang patut didukung, karena hal itu akan memecah belah keutuhan wilayah Aceh, dan juga akan melahirkan raja-raja kecil yang pada akhirnya akan menjadi beban pada keuangan negara.

"Keutuhan wilayah Aceh sudah final dan tidak boleh ditawar-menawarkan lagi," Kata Kobra.

Sementara mahasiswa Unimal justru mendukung hal yang disuarakan oleh kawan-kawan Gayo Merdeka. “silahkan saja pisah dengan Aceh bila mersa didiskriminasi atau dimarginalkan, merasa terjajah akibat tidak adil, semua orang punya hak untuk merdeka sama halnya dengan Aceh untuk merdeka begitu juga dengan ALA ABAS” Kata Bustami Ibrahim. Minggu, 28 Juli 2013.

Mahasiswa sosialogi Universitas Malikussaleh itu meminta semua pihak untuk tidak melarang ALA ABAS untuk merdeka. Menurutnya bila ada orang yang melarang artinya mereka harus mampu memberikan yang dirasakan oleh orang ALA ABAS tidak adil.

“Pemerintah Aceh saja yang memiliki kekuasaan tidak merespon atau merasa kehilangan, bila pun itu dilarang kan sudah dicari solusinya, minimal memanggil tokoh-tokoh itu diberikan sedikit ladang basah biar diam, termasuk alumni Cipinang itu” Kata Koordinator Gapman itu sambil tertawa. | AT | IS | BBS |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger